Selasa, 23 Mei 2017

Mengenal Cabai Hitam

Cabe Hitam atau Black Hungarian Pepper
Selamat Hari Selasa Para Pembaca!  ☺

Cabai hitam atau black hungarian pepper adalah satu jenis tanaman cabai yang mulai banyak ditanam oleh pada penggemar tanaman hias. Pada dasarnya cabai hitam yang memiliki nama ilmiah Capsicum annuum longum adalah satu satu jenis cabai rawit yang sering kita gunakan dalam masak-memasak di dapur kita. Namun perbedaan yang sangat mencolok adalah scoville heat units (SHU) yang adalah di antara  5,000 hingga 10,000. Tentunya jauh dari level kepedasan cabe rawit yang berwana orage atau cenderung ke merah terang yang sering kita temuka di pasar-pasar tradisional yakni 30,000 hingga 50,000 SHU. Bagi yang maniak pedas pastinya level kepedasan itu tidak begitu menantang. Dengan kata lain, kepedasannya tidak semengerikan warna yang dihasilkannya. :)



Lalu mengapa menanam tanaman ini di Indonesia?
black hungarian paper di Indoensia banyak dikenal sebagai salah saatu tanaman hias. Ciri khas dari tanaman ini adalah bunga yang dihasilkannya berwana ungu atau warna yang sering dominan kita lihat pada tanaman jenis anggrek atau lavender. Tanaman yang mengashilkan wana ungu adalah satu primadono tanaman hias di Indonesia bahkan di beberapa negara.

Warna cabai hitam dari merah gelap hingga ke hitam 
Cabe hitam masuk pada golongan tanaman Heirloom Open-Pollination. Atau tanaman yang melakukan enyerbukan di luar wilayah tanamnya. Jenis tanaman ini membutuhka bantuan angin, serangga, atau burung untuk menlakukan penyerbukaan. Tanaman jenis ini sangat cocok ditanam di tempat dengan temperatur hangat hingga panas seperti Indonesia (tropical zone). Selain itu arti Heirloom dalam kata di atas adalah salah satu jenis tanaman hias yang menambah warna-warni di rumah anda atau kebun anda. Apalagi jenis tanaman ini adalah jenis tanaman keras yang mudah beradaptasi di kondisi apa pun.

Apa kita bisa makan buahnya?
Cabai hitam seperti cabai pada umumnya buahnya aman untuk dikonsimsi. Namun, karena level kepedasannya yang tidak sebanding dengan selera pedas masyarakat Indonesia pada umumnya, tanaman ini sangat disarankankan untuk dicampur dengan salad anda atau menjadi campuran masakan rumah untuk menambah kahasiat dalam masakan anda.

Apa khasiat dari tanaman ini?
Dari namanya black hungarian papper, tanaman ini awal ditemukan di negara yang kitta sebut hingga sekarang sebagai Hungaria. Namun, pada masa tersebut tanaman ini masih dimanmaatkan sebagai jenis tanaman sayuran seperti biasanya. Orang pada masa itu masih belum tau mengenai kegunaan dari tanaman ini.

Hingga sekarang belum adalah studi komprehensif dari kegunaan tanaman ini secara kesehatan. Namun ada beberapa artikel yang telah mengulasnya yang bisa anda cek di link sebagai berikut:
http://manfaat.co.id/manfaat-cabe-hitam

Bagaimana cara menanamnya dan perawatannya?
Pada dasarnya tanaman ini tidak meiliki metode penanaman perawan khusus. caranya sama dengan cara kita menenam cabai pada umumnya.

  1. Ambil satu buah cabai. Lakukan persiapan pembibitan dengan cara mengringkan cabai yang sudah dibelah menjadi dua. Lalu keluarkan bijinya. 
  2. Siapkan media tanam yang sudah diberi nutrisi organik. Nutrisi organik dapat di dapatkan dari kompos alami atau sisa limbah rumah tangga. (Cara membaut kompos dari limbah rumah tangga akan saya ulas di artikel terpisah.)
  3. Lakukan penyemaian di media tanam yang dengan ukuran lebar minimal 5 - 10 centimeter 
  4. Tunas cabai akan mulai muncul sekitar 7 hingga 14 hari masa penyemaian 
  5. Apabila tinggi cabai sudah sekiatar 10 - 15 cm pindah ke media tanam yang lebih besar dengan lebar sekitar 15 - 25 centimeter 
  6. Tanaman cabai memperlukan cahaya matahari yang cukup banyak 
  7. Penyirman dapat dilakukan sebayak 2 kali dala sehari pada pagi hari dan saore hari 
  8. Masa panen cabai mulai dari 2 hingga 3 bulan dari masa penanaman 
Apabila ada pertayaan dalan request silahkan untuk kontak langsung ke: 
CV Bhumi Horta 
Jl Parang Baris I No. 30 
Tlogosari Kulon, Kec. Pedurungan
Semarang 50196

E-mail: ad.bhumitour@gmail.com
http://bhumihorta.wordpress.com
FB: Bhumi Tour
Twitter: @bhumi_tour
IG:@bhumitour  

Sany: (+62) 852-2652-2743
Ifa: (+62) 856-4106-6019 
Edi: (+62) 856-4027-4448



Tidak ada komentar:

Posting Komentar